11 Cara Mengatasi HP Android Lemot, Ingin Tahu Caranya
Images Source : idntimes.com

11 Cara Mengatasi HP Android Lemot, Ingin Tahu Caranya

MamanNews – HP Android yang berjalan lambat ataupun lemot dapat membuat pengguna merasa tidak nyaman serta menghambat aktivitas. Hal ini biasanya terjadi di beberapa pengguna smartphone.

Handphone banyak sekali menjadi lambat atau lemot pada saat digunakan. Terdapat sejumlah alasan yang menjadikannya jadi lemot, salah satunya yaitu mungkin memorinya penuh.

Tapi, jika Handphone kamu lemot Ini ada solusi yang bisa membantu kamu, Untuk meningkatkan kinerja handphone atau tablet khususnya yang memakai sistem operasi Android.

Ada 11 Cara Mengatasi HP Android Lemot

Berikut: adalah 11 cara yang boleh Kamu lakukan agar mempercepat kinerja serta membuat handphone atau tablet Android Kamu lebih laju, Seperti yang dilansir dari Android Authority.

1. Pastikan software sudah diperbarui

Software baru sering sekali berisi perbaikan bug dan peningkatan umum serta bisa membantu perangkat Android kamu berjalan lebih lancar. Membarui perangkat lunak cenderung hadir OTA (Over The Air) dan Kamu harus secara otomatis dimintai untuk menginstalnya. Kamu boleh memeriksa apakah software sudah diperbarui atau belum, dengan cara berikut:

1. Buka Pengaturan
2. Tentang perangkat
3. Pembaruan perangkat lunak
4. Periksa pembaruan

BACA JUGA:  Perlu Diketahui Cara Memilih Blog Agar Menarik Dan Relevan

Hal yang persis berlaku untuk aplikasi, jadi buka Play Store lalu buka menu di kiri atas lalu ketuk Aplikasi saya serta pastikan semua aplikasi yang Kamu gunakan sudah diperbarui.

2. Bersihkan layar beranda (home)

Kalau kamu memilihnya untuk menggunakan wallpaper yang bergerak, pertimbangkan untuk menggantinya dengan image statis.

Kamu pula harus membersihkan ikon yang tak digunakan dan membatasi widget kamu pada hal yang penting. Semakin sedikit layar beranda kamu maka semakin baik juga untuk kinerja Handphone.

3. Hapus aplikasi yang tidak berguna

Hapuslah aplikasi yang tidak Kamu pakai, karena itu bakal memenuhi ruang penyimpanan yang menjadi HP kamu lemot.

Uninstall aplikasi yang sudah tidak kamu pakai dengan cara:

1. Buka Pengaturan
2. Aplikasi
3. Geser ke tab Semua
4. Perhatikan baik-baik daftar dan identifikasi aplikasi yang tak kamu inginkan atau tidak dibutuhkan.
5. Pilih aplikasi, lalu hapus atau uninstall.

4. Nonaktifkan animasi dan tema

Beberapa pengguna telepon suka banget menggunakan fitur animasi dan tema. Hal ini mungkin nampak bagus, tapi bisa memperlambat operasi Android kamu.

Periksa pada penggunaan launcher dengan melihat apakah ada cara untuk menonaktifkan salah satu tambahan yang sekiranya tidak perlu digunakan. Fitur yang ditawarkan sama launcher dinilai dapat memperlambat perangkat kamu.

5. Hapus cache data aplikasi

Cache data untuk aplikasi bakal membantu Handphone memuat lebih laju, Namun data tersebut bisa menumpuk dari waktu ke waktu serta menghabiskan sudah banyak ruang dan kemungkinan akan ada data yang cache untuk aplikasi yang tidak lagi Kamu gunakan.

BACA JUGA:  Spesifikasi Lengkap HP Realme Narzo 50A RAM 4GB Rilis 3 November 2021

Kandang-kadang menghapus cache data untuk suatu aplikasi pula dapat membantu membersihkan ruang penyimpanan yang tak stabil.

Jika Kamu ingin memilih aplikasi individual:

1. Pengaturan
2. Aplikasi
3. Geser ke atas tab Semua
4. Tekan aplikasi yang kamu inginkan lalu pilih Hapus cache.

6. Matikan atau kurangi sinkronisasi otomatis

Sebagian besar dari pengguna, menambahkan daftar akun yang berbeda pada perangkat Android, kita memberi izin untuk secara otomatis menyinkronkan. Semua sinkronisasi ini berdampak big pada kinerja, belum lagi masa guna baterai.

Untuk menonaktifkannya, Kamu boleh buka ke Pengaturan serta menemukan Sinkronisasi otomatis di bawahnya Akun lalu matikan saja semuanya.

7. Hapus partisi cache

Partisi cache berpisah dari cache data aplikasi kamu dan berisi file sementara. Ada baiknya juga membersihkan ini sekali-sekali. Kamu wajib boot ke mode pemulihan untuk melakukannya.

Metode untuk login mode pemulihan bervariasi tergantung pada perangkat kamu. Sesudah didalam mode pemulihan Kamu pakai tombol volume untuk menavigasi sera tombol daya untuk memilih item. Kamu bisa memilih hapus partisi cache.

8. Coba Launcher dari pihak ketiga

Sistem operasi Android, mempunyai salah satu kelebihan, yakni tampilan yang bisa di bikin dengan sesuai keinginan penggunanya.

Untuk perubahan itu, usually pengguna Android sudah familiar dengan aplikasi launcher yang bisa menyebabkan tampilan home screen berbeda dari tampilan bawaan.

Hal ini pula dapat membantu Handphone kamu memiliki kinerja yang lebih laju. Launcher menutupi aplikasi-aplikasi seperti Nova Launcher, GO Launcher EX,/Apex Launcher.

BACA JUGA:  Makin Mahal Ini Harga Dan Spesifikasi Samsung Galaxy S22

9. Factory reset

Sebelum mereset handphone kamu dengan metode factory reset, Kami sarankan untuk memindahkan data yang ada didalam handphone ke komputer/laptop Kamu karena file hilang.

Factory reset bisa memulihkan Handphone ke kondisi saat HP Kamu baru dinyalakan dari pabrik. Hal ini pula diklaim bisa menyapu data yang tak jelas, dari sisa aplikasi serta kode buggy yang bisa menghambat kinerja.

10. Jangan Install pembersih ruang

Meski saja tampak membantu dan Seakan menjanjikan, Menginstall aplikasi yang bertugas dengan menyapu ruang dianggap jadi faktor smartphone menjadi lemot.

Pemakaian pihak ketiga, Untuk membersihkan ruang penyimpanan ini, diklaim bisa menengankan kinerja prosesor di Android, Semacam pada aplikasi Clean Master.

Meski saja aplikasi ini ada pada empat aplikasi paling atas di Google Play, Tetapi efektivitas penggunaanya sedang dipertanyakan.

Perangkat lunak Android dapat mengelola RAM punya dia sendiri secara efisien. Disarankan untuk menetap menggunakan pembersih yang sudah disediakan di Android.

11. Restart Handphone Kamu

Pemulihan yang laju serta sederhana, Pada saat handphone lemot yaitu dengan cara merestart atau menyalakan kembali Handphone kamu. Melewati cara ini kamu bisa mengosongkan cache, Menyetop tugas yang tidak penting dan membuat semuanya berjalan lancar kembali.

Cukup serta tahan tombol dayanya itu, Kemudian pilih opsi Restart lalu klik OK untuk mengkonfirmasi perintah. Itulah beberapa cara mengatasi HP Android lemot, dan membuat Handphone Anda tetap laju.